Ini Dia Yang Harus Kamu Ketahui Dari Linux

Hari gini belum tau Linux? wah kebangetan nih. Tapi tenang aja deh, karena pada artikel ini CSIRT PCR akan menjelaskan sedikit tentang Linux yang mesti kamu ketahui.

Sistem Operasi Linux ada di mana-mana, mulai dari smartphone, superkomputer, peralatan rumah, hingga mobil.

Sejarah

Linus Torvalds (kredit : atcoitec.com)

Linux sudah ada sejak pertengahan tahun 90-an. Mahasiswa ilmu komputer dari Finlandia yang bernama Linus Torvalds memperkenalkan Linux versi pertama, yakni Linux v0.01. Torvalds terinspirasi menulis kernel Linux karena sistem Unix atau Minix terlalu mahal untuk dibeli.

Tak lama setelah rilis Linux Torvalds yang memutuskan untuk memberi lisensi perangkat lunak menggunakan GNU General Public License, yang memungkinkan orang dapat melihat, menyalin, menggunakan, dan memodifikasi untuk kebutuhan mereka sendiri. Keputusan ini tampaknya sederhana, dan telah memberikan peran utama mengapa Linux menjadi begitu populer sampai saat ini. Sementara Linux Foundation dan Linus Torvalds memiliki wewenang untuk mengontrol dan melepaskan kernel Linux resmi, siapa pun di dunia ini, baik perorangan, serta usaha atau perusahaan, dapat menggunakan perangkat lunak gratis dan memodifikasi untuk kebutuhan mereka sendiri.

Karena sifat terbuka Linux, banyak usaha membantu mengembangkan patch yang akhirnya akan dimasukkan ke dalam kernel, memacu pengembangan secara dramatis.

Apa itu Linux?

Sama seperti Windows XP, Windows 7, Mac OS X, Linux adalah sistem operasi (sering disebut “OS”). Sebuah OS adalah software yang mengatur seluruh sumber daya hardware yang terhubung dengan desktop atau laptop. Sederhananya, OS mengatur komunikasi antara software dan hardware. Jadi, tanpa OS, software tidak akan berfungsi.

Salah satu yang membuat linux itu terkenal adalah “gratis”. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) kamu dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, kamu diberikan hak untuk mengkopi sebanyak kamu mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya. Tapi jangan khawatir, karena semua itu legal!. Meski semua gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program. Lisensi lengkap GNU bisa kamu baca di GNU General Public License v3.

Apa itu “distribusi” Linux?

Distribusi Linux atau sering disebut dengan “distro” linux adalah sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Dengan kata lain distro Linux adalah versi dari Linux.

Banyak distro Linux yang telah diturunkan. Berikut distro linux yang terpopuler, yaitu :

  1. Debian
  2. Redhat
  3. Ubuntu
  4. Android

Eits, Indonesia juga punya distro linux yang dikembangkan oleh berbagai kalangan masyrakat loh!. Diantaranya IGOS Nusantara dan BlankOn. IGOS Nusantara merupakan distro yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dan berbasis Fedora Core 5. Sedangkan BlankOn dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn, distro ini diturunkan dari Debian.

Kesimpulan

Jika kamu mencari platform yang dapat diandalkan, aman, dan bebas masalah, maka Linux jawabannya.

Sumber :

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *